Wednesday, October 17, 2012

Duta Besar Inggris untuk Indonesia: “Kami memahami kerja UP4B”

Dialog antara Kepala UP4B Bambang Darmono dengan Dubes Inggris untuk Indonesia Mark Canning (9/10/2012) di Jakarta.
 
Dubes Inggris untuk Indonesia Mark Canning memberikan apresiasi dan dukungan penuh terhadap peran UP4B, serta menghargai pendekatan ekonomi yang dilakukan Indonesia melalui program percepatan pembangunan di Papua dan Papua Barat. Pernyataan Mark Caning itu disampaikan kepada Kepala Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B) Bambang Darmono (9/10) di Jakarta, setelah sebelumnya melakukan kunjungan dan menyaksikan relatitas yang terjadi di Jayapura Papua beberapa waktu lalu.

“Pemerintah dan Rakyat Inggris menginginkan masyarakat Papua yang maju dan sejahtera sebagai bagian dari Republik Indonesia,” tegas Dubes Canning dalam kunjungannya yang didampingi Head of United Kingdom (UK) Climate Change Unit, Jenny Yates.

Dalam diskusi dengan Kepala UP4B, Duta Besar Mark Canning menyampaikan perhatian Pemerintah Inggris terhadap masalah Climate Change. Terkait isu itu, Pemerintah Inggris melalui UK Climate Change Unit di Indonesia berfokus pada low carbon development dan forestry and land use. Sebagai tindak lanjut, UK baru saja mendanai proyek pemetaan di Papua sebesar 15 juta US dollar. Pemetaan ini merupakan langkah pertama dalam menangkal deforestasi hutan.

“Pihaknya berharap dukungan seluruh kementerian terkait atas proyek tersebut, mengingat proyek ini terbuka, penting, serta memberikan benefit bagi masyarakat Papua dalam memetakan dan mengatur sumber daya yang ada. Menanggapi hal tersebut, Kepala UP4B menyampaikan dukungan penuh UP4B terhadap proyek pemetaan ini. Disampaikan oleh Bambang Darmono, pemetaan dan pendataan sumber daya menjadi salah satu kebutuhan prioritas masyarakat Papua untuk dapat lebih menggali potensi yang ada.

Menanggapi pertanyaan Dubes Canning terkait dialog, Kepala UP4B menyampaikan bahwa dialog tentang Papua sedang berproses, meskipun menghadapi tantangan yang sulit. Keberadaan UP4B berfungsi untuk menampung seluruh aspirasi masyarakat Papua. UP4B terbuka untuk berdialog dengan pihak manapun di Papua, termasuk kelompok separatis.

Menjawab pertanyaan Dubes Canning tentang prioritas UP4B, Bambang Darmono menyebut ada empat sasaran utama, yaitu pengembangan infrastruktur dengan membuka daerah yang terisolasi khususnya Pegunungan Tengah,  Kesehatan, pendidikan, serta pengembangan ekonomi rakyat.

Dalam kesempatan itu, Dubes Inggris dan Kepala UP4B juga membicarakan fenomena korupsi dan masalah keamanan di Papua. Dubes juga menyampaikan harapan agar ke depan keterbukaan informasi mengenai Papua lebih ditingkatkan. Agar kelak lebih banyak pihak memahami situasi dan peran UP4B dengan positif. “Semua ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Papua”, kata Canning.
 
Sumber : http://www.up4b.go.id

No comments: